Pages

Friday, April 19, 2013

Karya Ilmiah : "Interaksi Manusia dengan Komputer"


Karya Tulis Ilmiah
Interaksi Manusia dengan Komputer


D I S U S U N    O L E H :

Sylvi Evelyn
(111402055)


Program Studi S-1 Teknologi Informasi
Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi
Universitas Sumatera Utara
2013

KATA PENGANTAR

                Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Puji dan syukur penulis ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan kesempatan kepada penulis, sehingga mampu menyelesaikan Karya Ilmiah ‘Sejarah Interaksi Manusia dengan Komputer.
Makalah ini penulis kerjakan sehubungan dengan tugas yang diberikan oleh dosen Pengantar Psikologi Umum, Ibu Filia Dina Anggraeni. Banyak orang yang sudah melupakan sejarah bahkan tidak tahu mengenai sejarah. Apalagi mengenai sejarah yang sampai saat ini merupakan hal yang sangat umum dan dibutuhkan oleh setiap orang, yaitu komputer.
Jika kita ditanya, sebenarnya bagaimana permulaan adanya komputer
atau sejak kapan interaksi manusia dengan komputer dimulai, pastilah sangat sedikit orang yang mengetahuinya. Oleh karena itu karya ilmiah ini akan memaparkan teori, kronologis, dan hal lainnya yang berkaitan dengan Sejarah Interaksi Manusia dengan Komputer.
Penulis sadar bahwa karya ilmiah ini masih jauh dari sempurna, karena itu penulis sangat membutuhkan kritik dan saran dari pembaca .
Mohon maaf atas kesalahan dalam pemakaian kata di dalam laporan  ini, akhir kata penulis ucapkan terima kasih.



Medan, April 2013

            Wassalam





 DAFTAR ISI
Kata Pengantar
Daftar Isi
1. Pendahuluan
1.1  Latar Belakang
1.2  Perumusan Masalah
1.3  Tujuan dan Manfaat
2. Isi
2.1  Pengertian Komputer
2.2  Sejarah Komputer dan Perkembangannya
2.3  Interaksi Manusia dan Komputer
2.4  Bidang Ilmu yang Berperan
3. Penutup
3.1  Kesimpulan
3.2  Saran
Daftar Pustaka

1.      Pendahuluan
1.1  Latar Belakang
Latar belakang pembuatan karya ilmiah ini adalah tugas mata kuliah pengantar psikologi umum. Selain itu makalah ini juga dilatarbelakangi oleh keingintahuan penulis pada sejarah interaksi manusia dengan komputer. Banyak orang sudah melupakan sejarah. Padahal, sebuah sejarah adalah titik awal sesuatu yang terus menerus berkembang sampai sekarang ini. Dahulu, ketika baru pertama kali dikeluarkan pada tahun 50-an, komputer merupakan mesin yang berat dan mahal, oleh karena itu hanya dipakai di kalangan tertentu. Kita harus lah tahu kenapa pada masa itu orang-orang berpikiran seperti itu.
Selain itu, karena minimnya pengetahuan kita tentang sejarah, karya ilmiah ini juga dapat menjadi suatu bahan bacaan ataupun bahan diskusi di kalangan mahasiswa. Suatu sejarah sebaiknya memang dikenal dan menjadi suatu acuan perkembangan di masa depan. Sejarah juga dapat menimbulkan kesan tersendiri bagi kita ketika kita mengingatnya dan tahu apa yang sebenarnya terjadi di masa lampau.

1.2  Perumusan Masalah
Adapun perumusan masalah yang muncul yaitu:
·           Bagaimana sejarah komputer?
·           Bagaimana kronologis interaksi manusia dengan komputer?
·           Apa sebenarnya tujuan dari interaksi tersebut?
·           Apa yang menyebabkan interaksi itu dibutuhkan hingga sekarang?

1.3  Tujuan dan Manfaat
Adapun tujuan dari pembuatan karya ilmah ini yaitu :
·         Memberikan informasi kepada pembaca mengenai sejarah interaksi manusia dengan komputer.
·         Memberikan informasi mengenai perkembangan-perkembangan komputer.
·         Mengetahui bagaimana sebenarnya kronologis dari perkembangan tersebut.
·         Berbagi ilmu pengetahuan dengan pembaca.
·         Menambah ilmu dan wawasan bagi pembaca ataupun penulis.



2. Isi
2.1 Pengertian Komputer
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut perintah yang telah dirumuskan. Kata komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Secara luas, Komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada. Adapun komponen komputer adalah meliputi : Layar Monitor, CPU, Keyboard, Mouse dan Printer (sbg pelengkap). Tanpa printer komputer tetap dapat melakukan tugasnya sebagai pengolah data, namun sebatas terlihat dilayar monitor belum dalam bentuk print out (kertas).
Dalam definisi seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang memproses informasi" atau "sistem pengolah informasi."
2.2 Sejarah Komputer dan Perkembangannya
Sejarah komputer yang perlu untuk diketahui secara detail. Sejarah perkembangan komputer berawal dari penemuan seorang yang bernama Charles Babbage. Dia adalah seorang ilmuwan di dunia yang telah banyak memberikan kontribusi bagi kehidupan manusia, terutama perkembangan komputer.
Penemuan fenomenalnya yaitu Mesin penghitung merupakan salah satu penemuan yang paling terkenal dalam sejarah perkembangan komputer dan merupakan kalkulator otomatis pertama sebagai cikal bakal kompuer. Penemuan tersebut menjadikan Charles Babbage sebagai penemu komputer dan dijuluki sebagai bapak komputer.

Berikut ini sejarah komputer dan perkembanganya:

1822: Charles Babbage mengemukakan idenya yaitu sebuah alat yang dapat membantu manusia dalam melakukan penghitungan pada tingkat kompleksitas yang tinggi dan rumit. Mesin buatanya yang belum selesai tersebut saat ini di musiumkan di Museum of Science London.

1937: Dr. John V Atanasoff dan Clifford Berry mulai membuat design komputer digital elektronis pertama. Mereka memberi nama mesin tersebut ABC (Atanasoff-Berry Computer). Kemampuan mesin ABC tersebut hanya sebatas menghitung tambah dan pengurangan.

1943: Pada Perang Dunia 2, Seorang ilmuwan Inggris yang bernama Alan Turing mendesain komputer elektronik yang dibuat khusus bagi tentara Inggris. Tujuan pembuatan komputer tersebut agar dapat digunakan untuk menembus kode pertahanan Jerman.

1944: Howard Hathaway Aiken (Amerika) membuat yang diberi nama Mark I. Merupakan sebuah komputer hitung digital pertama. Komputer tersebut memiliki luas 7,45 kaki x 50 kaki, dengan berat 35 ton. Mark I sudah dapat digunakan untuk menghitung probabilitas.

1945: Dr. John von Neumann menulis sebuah konsep penyimpanan data. Pada saat itu masih berupa ide.

1946: Dr. John W. Mauchly dan J. Presper Eckert, jr. membuat komputer skala besar yang pertama, nama komputer tersebut adalah
ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer). Dunia juga beranggapan kedua orang ini sebagai penemu komputer digital.

1947: William Shockley, John Bardeen, dan Walter Brattain merupakan penemu Transistor pertama di dunia. Semenjak ditemukanya transistor, ukuran komputer menjadi semakin kecil.

1951: The U.S. Bureau of Cencus menginstalasi komputer komersial pertama yang bernama  UNIVAC I (Universal Automatic Computer). UNIVAC I ini dikembangkan oleh Mauchly dan Eckert untuk Remington-Rand Corporation.
2.3 Interaksi Manusia dan Komputer
Pada sejarah Interaksi manusia komputer kita diharapkan akan mengetahui orang penting dan peristiwa pada imk, perubahan paradigma, memahami kita tahu datang dari mana dan akan menolong kita akan pergi kemana dan dapat menghargai sebuah sejarah. IMK itu sendiri adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang mempunyai karakteristik tertentu untuk mencapai suatu tujuan. dengan menjalankan sebuah sistem yang bertopengkan sebuah antarmuka (interface). Pada sejarah IMK ini mengalami rangkaian perubahan evolusi.
Sejarah perkembangan antarmuka sebagai berikut :
Tahun 50 an – Antarmuka pada level hardware untuk teknik (ex. switch panel)
Tahun 60-70an – Antarmuka pada level pemrograman (ex. COBOL, FORTRAN)
Tahun 70-90an – Antarmuka pada level instruksi
Tahun 80an – Antarmuka pada level dialog interaksi (ex. GUI, Multimedia)
Tahun 90an – Antarmuka pada level lingkungan kerja (ex. Sistem Network, Groupware)
Tahun selanjutnya – Antarmuka berkembang dengan luas (ex. mobile device, interactive Screen)
·      Pengertian Interaksi, komunikasi 2 arah antara manusia (user) dan sistem komputer.
Interaksi menjadi maksimal apabila kedua belah pihak mampu memberikan stimulan dan respon (aksi & reaksi) yang saling mendukung, jika salah satu tidak bisa, maka interaksi akan mengalami hambatan atau bahkan menuju pembiasan tujuan.
·      Definisi interaksi manusia dan komputer, sebuah hubungan antara manusia dan komputer yang mempunyai karakteristik tertentu untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan menjalankan sebuah sistem yang bertopengkan sebuah antarmuka (interface).
·      Prinsip kerja komputer, input , proses, output kepada komputer diberikan data yang umumnya berupa deretan angka dan huruf. Kemudian diolah didalam komputer yang menjadi keluaran sesuai dengan kebutuhan dan keinginan manusia.
Tanpa disadari kita (manusia/user) telah berinteraksi atau berdialog dengan sebuah benda (layar monitor), yaitu dalam bentuk menekan tombol berupa tombol angka dan huruf yang ada pada keyboard atau melakukan satu sentuhan kecil pada mouse. Yang kemudian hasil inputan ini akan berubah bentuk menjadi informasi atau data yang seperti diharapkan manusia dengan tertampilnya informasi baru tersebut pada layar monitor atau bahkan mesin pencetak (printer)
·      Manusia pada umumnya tidak pernah tahu apa yang terjadi pada saat data dimasukkan ke dalam kotak cpu melalui keyboard. Manusia (user) selalu terfokus pada monitor/printer sebagai keluaran.
2.4 Bidang Ilmu yang Berperan
Untuk membuat antarmuka yang baik dibutuhkan pemahaman beberapa bidang ilmu, antara lain :
1.  Teknik elektronika & ilmu komputer, memberikan kerangka kerja untuk dapat merancang sistem HCI .
2.  Psikologi, memahami sifat & kebiasaan, persepsi & pengolahan kognitif, ketrampilan motorik pengguna .
3.  Perancangan grafis dan tipografi, sebuah gambar dapat bermakna sama dengan seribu kata. Gambar dapat digunakan sebagai sarana dialog cukup efektif antara manusia & komputer.
4.  Ergonomik, berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman, misal : bentuk meja & kursi kerja, layar tampilan, bentuk keyboard, posisi duduk, pengaturan lampu, kebersihan tempat kerja .
5.  Antropologi, ilmu pengetahuan tentang manusia, memberi suatu pandangan  tentang cara kerja berkelompok yang masing – masing anggotanya dapat memberikan konstribusi sesuai dengan bidangnya.
6.  Linguistik, merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang bahasa. Untuk melakukan dialog diperlukan sarana komunikasi yang memadai berupa suatu bahasakhusus, misal bahasa grafis, bahasa alami, bahasa menu, bahasa perintah.
7.  Sosiologi, studi tentang pengaruh sistem manusia-komputerdalam struktur sosial, misal adanya PHK karena adanya otomasi kantor.


3. Penutup

3.1 Kesimpulan
            Sejarah interaksi manusia dengan komputer sudah dimulai sejak tahun 50-an dan berlanjut hingga sekarang. Interaksi manusia dengan komputer mempunyai hubungan dengan bidang ilmu yang lain, seperti teknik elektronika dan ilmu komputer, psikologi, perancangan grafis dan topografi, ergonomi, antropologi, linguistik dan sosiologi. Di mana bidang-bidang ilmu tersebut ikut andil dalam interaksi manusia dan komputer yang membuat interaksi tersebut menjadi lebih baik.
            Kita juga mengetahui bahwa komputer ditemukan pertama kali oleh Charles Babbage yang pada saait itu masih disebut dengan mesin penghitung. Dan perkembangannya pun dimulai dari tahun 80-an.

3.2 Saran
            Sejarah merupakan suatu pengetahuan yang dapat menjadi pengalaman dan pengajaran di masa depan. Maka, ketahuilah sejarah dan jangan menjadi asing dengannya. Karena dengan mengetahuinya, dapat menjadi pegangan kejadian berikutnya.



DAFTAR PUSTAKA





0 comments:

Post a Comment