Karya Tulis Ilmiah
Interaksi Manusia dengan Komputer
D I S U S U
N O L E H :
Sylvi Evelyn
(111402055)
Program Studi S-1
Teknologi Informasi
Fakultas Ilmu
Komputer dan Teknologi Informasi
Universitas Sumatera
Utara
2013
KATA PENGANTAR
Assalamualaikum
Warahmatullahi Wabarakatuh. Puji dan syukur penulis ucapkan kepada Tuhan Yang
Maha Esa yang telah memberikan kesempatan kepada penulis, sehingga mampu
menyelesaikan Karya Ilmiah ‘Sejarah Interaksi Manusia dengan Komputer.
Makalah
ini penulis kerjakan sehubungan dengan tugas yang diberikan oleh dosen Pengantar
Psikologi Umum, Ibu Filia Dina Anggraeni. Banyak orang yang sudah melupakan
sejarah bahkan tidak tahu mengenai sejarah. Apalagi mengenai sejarah yang
sampai saat ini merupakan hal yang sangat umum dan dibutuhkan oleh setiap
orang, yaitu komputer.
Jika
kita ditanya, sebenarnya bagaimana permulaan adanya komputer
atau sejak kapan interaksi manusia dengan komputer dimulai, pastilah sangat sedikit orang yang mengetahuinya. Oleh karena itu karya ilmiah ini akan memaparkan teori, kronologis, dan hal lainnya yang berkaitan dengan Sejarah Interaksi Manusia dengan Komputer.
atau sejak kapan interaksi manusia dengan komputer dimulai, pastilah sangat sedikit orang yang mengetahuinya. Oleh karena itu karya ilmiah ini akan memaparkan teori, kronologis, dan hal lainnya yang berkaitan dengan Sejarah Interaksi Manusia dengan Komputer.
Penulis
sadar bahwa karya ilmiah ini masih jauh dari sempurna, karena itu penulis
sangat membutuhkan kritik dan saran dari pembaca .
Mohon
maaf atas kesalahan dalam pemakaian kata di dalam laporan ini, akhir kata penulis ucapkan terima kasih.
Medan, April 2013
Wassalam
DAFTAR ISI
Kata Pengantar
Daftar Isi
1. Pendahuluan
1.1 Latar
Belakang
1.2 Perumusan
Masalah
1.3 Tujuan
dan Manfaat
2. Isi
2.1 Pengertian
Komputer
2.2 Sejarah
Komputer dan Perkembangannya
2.3 Interaksi
Manusia dan Komputer
2.4 Bidang
Ilmu yang Berperan
3. Penutup
3.1 Kesimpulan
3.2 Saran
Daftar Pustaka
1.
Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
Latar belakang
pembuatan karya ilmiah ini adalah tugas mata kuliah pengantar psikologi umum.
Selain itu makalah ini juga dilatarbelakangi oleh keingintahuan penulis pada
sejarah interaksi manusia dengan komputer. Banyak orang sudah melupakan
sejarah. Padahal, sebuah sejarah adalah titik awal sesuatu yang terus menerus
berkembang sampai sekarang ini. Dahulu, ketika baru pertama kali dikeluarkan
pada tahun 50-an, komputer merupakan mesin yang berat dan mahal, oleh karena
itu hanya dipakai di kalangan tertentu. Kita harus lah tahu kenapa pada masa
itu orang-orang berpikiran seperti itu.
Selain itu, karena
minimnya pengetahuan kita tentang sejarah, karya ilmiah ini juga dapat menjadi
suatu bahan bacaan ataupun bahan diskusi di kalangan mahasiswa. Suatu sejarah
sebaiknya memang dikenal dan menjadi suatu acuan perkembangan di masa depan.
Sejarah juga dapat menimbulkan kesan tersendiri bagi kita ketika kita
mengingatnya dan tahu apa yang sebenarnya terjadi di masa lampau.
1.2 Perumusan Masalah
Adapun perumusan masalah yang muncul yaitu:
·
Bagaimana sejarah komputer?
·
Bagaimana kronologis interaksi manusia
dengan komputer?
·
Apa sebenarnya tujuan dari interaksi
tersebut?
·
Apa yang menyebabkan interaksi itu
dibutuhkan hingga sekarang?
1.3 Tujuan dan Manfaat
Adapun
tujuan dari pembuatan karya ilmah ini yaitu :
·
Memberikan informasi kepada pembaca
mengenai sejarah interaksi manusia dengan komputer.
·
Memberikan informasi mengenai
perkembangan-perkembangan komputer.
·
Mengetahui bagaimana sebenarnya
kronologis dari perkembangan tersebut.
·
Berbagi ilmu pengetahuan dengan pembaca.
·
Menambah ilmu dan wawasan bagi pembaca
ataupun penulis.
2. Isi
2.1
Pengertian Komputer
Komputer adalah
alat yang dipakai untuk mengolah data menurut perintah yang telah dirumuskan. Kata komputer
semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika,
dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri.
Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika,
tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan
matematika.
Secara luas, Komputer dapat
didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa
komponen, yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan yang lain untuk
menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada. Adapun
komponen komputer adalah meliputi : Layar Monitor, CPU, Keyboard, Mouse
dan Printer (sbg pelengkap). Tanpa printer komputer tetap dapat melakukan
tugasnya sebagai pengolah data, namun sebatas terlihat dilayar monitor belum
dalam bentuk print out (kertas).
Dalam definisi seperti itu
terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik
mulai dari abakus
dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer.
Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer"
adalah "yang memproses informasi"
atau "sistem
pengolah informasi."
2.2 Sejarah
Komputer dan Perkembangannya
Sejarah
komputer yang perlu untuk diketahui secara detail. Sejarah
perkembangan komputer berawal dari penemuan seorang yang bernama Charles
Babbage. Dia adalah seorang ilmuwan di dunia yang telah
banyak memberikan kontribusi bagi kehidupan manusia, terutama perkembangan
komputer.
Penemuan fenomenalnya yaitu Mesin
penghitung merupakan salah satu penemuan yang paling terkenal dalam sejarah
perkembangan komputer dan merupakan kalkulator otomatis pertama sebagai cikal bakal
kompuer. Penemuan tersebut menjadikan Charles Babbage sebagai penemu komputer
dan dijuluki sebagai bapak komputer.
Berikut ini sejarah komputer dan perkembanganya:
1822: Charles Babbage mengemukakan idenya yaitu sebuah alat yang dapat membantu manusia dalam melakukan penghitungan pada tingkat kompleksitas yang tinggi dan rumit. Mesin buatanya yang belum selesai tersebut saat ini di musiumkan di Museum of Science London.
1937: Dr. John V Atanasoff dan Clifford Berry mulai membuat design komputer digital elektronis pertama. Mereka memberi nama mesin tersebut ABC (Atanasoff-Berry Computer). Kemampuan mesin ABC tersebut hanya sebatas menghitung tambah dan pengurangan.
1943: Pada Perang Dunia 2, Seorang ilmuwan Inggris yang bernama Alan Turing mendesain komputer elektronik yang dibuat khusus bagi tentara Inggris. Tujuan pembuatan komputer tersebut agar dapat digunakan untuk menembus kode pertahanan Jerman.
1944: Howard Hathaway Aiken (Amerika) membuat yang diberi nama Mark I. Merupakan sebuah komputer hitung digital pertama. Komputer tersebut memiliki luas 7,45 kaki x 50 kaki, dengan berat 35 ton. Mark I sudah dapat digunakan untuk menghitung probabilitas.
1945: Dr. John von Neumann menulis sebuah konsep penyimpanan data. Pada saat itu masih berupa ide.
1946: Dr. John W. Mauchly dan J. Presper Eckert, jr. membuat komputer skala besar yang pertama, nama komputer tersebut adalah ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer). Dunia juga beranggapan kedua orang ini sebagai penemu komputer digital.
1947: William Shockley, John Bardeen, dan Walter Brattain merupakan penemu Transistor pertama di dunia. Semenjak ditemukanya transistor, ukuran komputer menjadi semakin kecil.
1951: The U.S. Bureau of Cencus menginstalasi komputer komersial pertama yang bernama UNIVAC I (Universal Automatic Computer). UNIVAC I ini dikembangkan oleh Mauchly dan Eckert untuk Remington-Rand Corporation.
Berikut ini sejarah komputer dan perkembanganya:
1822: Charles Babbage mengemukakan idenya yaitu sebuah alat yang dapat membantu manusia dalam melakukan penghitungan pada tingkat kompleksitas yang tinggi dan rumit. Mesin buatanya yang belum selesai tersebut saat ini di musiumkan di Museum of Science London.
1937: Dr. John V Atanasoff dan Clifford Berry mulai membuat design komputer digital elektronis pertama. Mereka memberi nama mesin tersebut ABC (Atanasoff-Berry Computer). Kemampuan mesin ABC tersebut hanya sebatas menghitung tambah dan pengurangan.
1943: Pada Perang Dunia 2, Seorang ilmuwan Inggris yang bernama Alan Turing mendesain komputer elektronik yang dibuat khusus bagi tentara Inggris. Tujuan pembuatan komputer tersebut agar dapat digunakan untuk menembus kode pertahanan Jerman.
1944: Howard Hathaway Aiken (Amerika) membuat yang diberi nama Mark I. Merupakan sebuah komputer hitung digital pertama. Komputer tersebut memiliki luas 7,45 kaki x 50 kaki, dengan berat 35 ton. Mark I sudah dapat digunakan untuk menghitung probabilitas.
1945: Dr. John von Neumann menulis sebuah konsep penyimpanan data. Pada saat itu masih berupa ide.
1946: Dr. John W. Mauchly dan J. Presper Eckert, jr. membuat komputer skala besar yang pertama, nama komputer tersebut adalah ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer). Dunia juga beranggapan kedua orang ini sebagai penemu komputer digital.
1947: William Shockley, John Bardeen, dan Walter Brattain merupakan penemu Transistor pertama di dunia. Semenjak ditemukanya transistor, ukuran komputer menjadi semakin kecil.
1951: The U.S. Bureau of Cencus menginstalasi komputer komersial pertama yang bernama UNIVAC I (Universal Automatic Computer). UNIVAC I ini dikembangkan oleh Mauchly dan Eckert untuk Remington-Rand Corporation.
2.3 Interaksi
Manusia dan Komputer
Pada sejarah Interaksi manusia komputer kita
diharapkan akan mengetahui orang penting dan peristiwa pada imk, perubahan
paradigma, memahami kita tahu datang dari mana dan akan menolong kita akan
pergi kemana dan dapat menghargai sebuah sejarah. IMK itu sendiri adalah ilmu
yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang mempunyai
karakteristik tertentu untuk mencapai suatu tujuan. dengan menjalankan sebuah
sistem yang bertopengkan sebuah antarmuka (interface). Pada sejarah IMK ini
mengalami rangkaian perubahan evolusi.
Sejarah perkembangan antarmuka sebagai berikut :
Tahun 50 an
– Antarmuka pada level hardware untuk teknik (ex. switch panel)
Tahun
60-70an – Antarmuka pada level pemrograman (ex. COBOL, FORTRAN)
Tahun
70-90an – Antarmuka pada level instruksi
Tahun 80an –
Antarmuka pada level dialog interaksi (ex. GUI, Multimedia)
Tahun 90an –
Antarmuka pada level lingkungan kerja (ex. Sistem Network, Groupware)
Tahun
selanjutnya – Antarmuka berkembang dengan luas (ex. mobile device,
interactive Screen)
· Pengertian
Interaksi, komunikasi 2 arah antara manusia (user) dan sistem komputer.
Interaksi
menjadi maksimal apabila kedua belah pihak mampu memberikan stimulan dan respon
(aksi & reaksi) yang saling mendukung, jika salah satu tidak bisa, maka
interaksi akan mengalami hambatan atau bahkan menuju pembiasan tujuan.
·
Definisi interaksi manusia dan komputer, sebuah
hubungan antara manusia dan komputer yang mempunyai karakteristik tertentu
untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan menjalankan sebuah sistem yang
bertopengkan sebuah antarmuka (interface).
·
Prinsip kerja komputer, input , proses, output kepada
komputer diberikan data yang umumnya berupa deretan angka dan huruf. Kemudian diolah
didalam komputer yang menjadi keluaran sesuai dengan kebutuhan dan keinginan
manusia.
Tanpa
disadari kita (manusia/user) telah berinteraksi atau berdialog dengan sebuah
benda (layar monitor), yaitu dalam bentuk menekan tombol berupa tombol angka
dan huruf yang ada pada keyboard atau melakukan satu sentuhan kecil pada mouse.
Yang kemudian hasil inputan ini akan berubah bentuk menjadi informasi atau data
yang seperti diharapkan manusia dengan tertampilnya informasi baru tersebut
pada layar monitor atau bahkan mesin pencetak (printer)
·
Manusia pada umumnya tidak pernah tahu apa yang
terjadi pada saat data dimasukkan ke dalam kotak cpu melalui keyboard. Manusia
(user) selalu terfokus pada monitor/printer sebagai keluaran.
2.4
Bidang Ilmu yang Berperan
Untuk membuat antarmuka yang baik
dibutuhkan pemahaman beberapa bidang ilmu, antara lain :
1.
Teknik elektronika & ilmu
komputer, memberikan kerangka kerja untuk dapat merancang sistem HCI .
2.
Psikologi, memahami sifat
& kebiasaan, persepsi & pengolahan kognitif, ketrampilan motorik
pengguna .
3.
Perancangan grafis dan tipografi,
sebuah gambar dapat bermakna sama dengan seribu kata. Gambar dapat digunakan
sebagai sarana dialog cukup efektif antara manusia & komputer.
4.
Ergonomik, berhubungan dengan
aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman, misal : bentuk meja
& kursi kerja, layar tampilan, bentuk keyboard, posisi duduk, pengaturan
lampu, kebersihan tempat kerja .
5.
Antropologi, ilmu pengetahuan
tentang manusia, memberi suatu pandangan
tentang cara kerja berkelompok yang masing – masing anggotanya dapat
memberikan konstribusi sesuai dengan bidangnya.
6.
Linguistik, merupakan cabang
ilmu yang mempelajari tentang bahasa. Untuk melakukan dialog diperlukan sarana
komunikasi yang memadai berupa suatu bahasakhusus, misal bahasa grafis, bahasa
alami, bahasa menu, bahasa perintah.
7.
Sosiologi, studi tentang
pengaruh sistem manusia-komputerdalam struktur sosial, misal adanya PHK karena
adanya otomasi kantor.
3.
Penutup
3.1
Kesimpulan
Sejarah
interaksi manusia dengan komputer sudah dimulai sejak tahun 50-an dan berlanjut
hingga sekarang. Interaksi manusia dengan komputer mempunyai hubungan dengan
bidang ilmu yang lain, seperti teknik elektronika dan ilmu komputer, psikologi,
perancangan grafis dan topografi, ergonomi, antropologi, linguistik dan
sosiologi. Di mana bidang-bidang ilmu tersebut ikut andil dalam interaksi
manusia dan komputer yang membuat interaksi tersebut menjadi lebih baik.
Kita
juga mengetahui bahwa komputer ditemukan pertama kali oleh Charles Babbage yang
pada saait itu masih disebut dengan mesin penghitung. Dan perkembangannya pun
dimulai dari tahun 80-an.
3.2
Saran
Sejarah
merupakan suatu pengetahuan yang dapat menjadi pengalaman dan pengajaran di
masa depan. Maka, ketahuilah sejarah dan jangan menjadi asing dengannya. Karena
dengan mengetahuinya, dapat menjadi pegangan kejadian berikutnya.
DAFTAR PUSTAKA
- http://hadisetiawanblog.blogspot.com/2010/02/sejarah-interaksi-manusia-komputer.html
- http://www.mint.web.id/2013/01/sejarah-komputer.html
- http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_komputer
- Interaksi Manusia pdf
0 comments:
Post a Comment