Pages

Sunday, March 24, 2013

Teori Belajar

Penguatan Negatif


 - Kelompok 5

 - Indi Andira B          (111402007)
   Sylvi Evelyn            (111402055)
   Rheza Rivaldi         (111402069)
   Wulandari Tarigan  (111402113)
   Ridho Kurniawan S (111402115)


 - Hasil disukusi kelompok 5 mengenai penguatan negatif :
Penguatan negatif merupakan salah satu subtopik dari teori penguatan di mana merupakan salah satu kajian bidang psikologi. Tokoh dari teori ini adalah Burrhus Frederic Skinner atau biasa disebut B.F.Skinner.
      Beliau seorang American yang
lahir pada tanggal 20 Maret 1904 dan wafat pada tanggal 18 Agustus 1990.
Penguatan negatif merupakan pengurangan rangsang/impuls negatif kepada individu agar terciptanya hal yang positif. Kebanyakan orang ketika orang lain melakukan kesalahan, akan direspon dengan hal yang negatif, hal yang seperti ini biasa disebut"punishment".
Punishment bertimbal balik dengan penguatan negatif. Ketika kita mendengar kata "negatif" tsb pastilah kita berpikir bahwa penguatan negatif adalah punishment.
Punishment atau hukuman adalah respon negatif yang kita berikan ketika seseorang melakukan kesalahan, seperti memarahi seseoraang ketika dia terlambat. Sedangkan penguatan negatif, adalah pengurangan respn negatif ketika seseorang melakukan kesalahan, seperti bermuka cemberut/kecewa, menggeleng dsb. Biasanya, ketika kita memberikan respon negatif terhadap kesalahan orang lain, orang tersebut akan merasa kesal dan palak karena respon.Hal tersebut lah yang menyebabkan dia akan terus melakukan kesalahannya.Lain halnya dengan penguatan negatif, ketika orang lain melakukan kesalahan, respon kita hanya bermuka kecewa. Hal tersebut akan mendorong si pembuat kesalahan sadar diri dan berusaha melakukan perbaikan.
      Contoh penguatan negatif dalam bidang IT bisa kita lihat pada individu ataupun organisasi.
Pada individu   : Ketika seseorang membuat program dan error, ia hanya "ckckck..." dan keep try.
Kalau pada punishment, dia akan marah-marah sendiri dan biasanya akan menyerah.
Pada organisasi : Ketika seseorang membuat project dan dan ternyata ada kesalahan dalam project tersebut, client hanya menggeleng sehingga membuat si pembuat project sadar akan kesalahannya. Kalau pada punishment, si client akan marah-marah yang membuat si pembuat project palak dan tidak ikhlas dalam pengerjaan project tsb.

- Referensi


- Testimoni secara pribadi
Penguatan negatif adalah pengurangan pemberian ‘punishment’ yang jarang dilakukan seseorang. Dalam konteks psikologi, penguatan negatif merupakan hal yang positif di mana ketika seseorang dikurangi impuls negatifnya, dapat mendatangkan dampak positif. Bagi beberapa orang, hal tersebut jarang terjadi. Kebanyakan malah berpikir sebaliknya. Ketika seseorang melakukan seseorang dan respon negatifnya hanya sedikit (untuk membangun kesadaran diri sendiri), hal tersebut akan membuat si pembuat kesalahan merasa akibat yang ditimbulkannya adalah hal sepele (karena respon negatifnya hanya sedikit tadi). Teori negatif, murni bertujuan  membawa dampak positif, akan tetapi dalam penerapannya, teori negatif ini dapat mengakibatkan dampak positif maupun dampak negatif. Dampak positifnya tentu saja dapat kita lihat ketika si pembuat kesalahan mulai menyadari kesalahannya dan berusaha untuk tidak mengulanginya. Sedangkan dampak negatifnya adalah ketika si pembuat kesalahan masih saja melakukan kesalahan, atau bahkan dapat melebihi sebelumnya. Sekali lagi kita kembali ke individunya masing-masing, apakah memang typical yang susah berubah (keras kepala) atau mudah instropeksi diri. Dan yang terakhir, saya sangat ingin mempelajari teori belajar ini secara keseluruhan melalui ceramah dosen. Mohon masukannya buk J.






0 comments:

Post a Comment